10 Tips Menambah Berat Bedan Secara Singkat

Celupin.com – Kebanyakan pria yang sedang melakukan program untuk menambah berat badan sama sulitnya dengan wanita yang sedang ingin menurunkan berat badan. Tak sedikit diantara pria ini yang gagal untuk menambah berat badanya meski sudah makan banyak tiap harinya.

10 Tips Menambah Berat Bedan Secara Singkat

Untuk itu kami sarankan bagi kalian yang ingin menambah berat badan, lakukan 10 hal berikut yang akan membantu kalian menambah berat badan tanpa menambah terlalu banyak lemak ditubuh kalian.

Makanlah dengan proporsi yang tepat

Protein adalah hambatan utama syaraf otot dan gizi penting untuk menambah berat tubuh serta membangun massa otot. Tapi kalian juga harus memperoleh jumlah karbohidrat dan lemak yang cukup. Proporsi yang direkomendasikan dari karbohidrat, protein dan lemak adalah kurang lebih 50:35:15. Proporsi ini dapat diterapkan kesemua pola makan tanpa memikirkan pemasukan kalori total.

Makanan padat-kalori

Selalu cobalah untuk memakan makanan padat-kalori. Lihatlah hal ini sebagai sesuatu yang lebih efisien. Lebih banyak kalori yang kalian dapat dari makanan pergramnya, makin baiklah hal ini, karena kalian tidak harus makan lebih sedikit. Ini juga akan membuat kalian cepat lapar. Contohnya; cobalah untuk menurunkan konsumsi sayur kalian karena kandungan kalorinya yang rendah dan 80% sayuran terdiri dari air. Tapi cobalah makan daging merah, telur dan ikan tuna. Mereka yang ingin gemuk juga sumber yang efektif yang akan membantu kalian meningkatkan pemasukan kalori secara keseluruhan.

Jangan lupa multivitamin

Makanan padat-kalori biasanya kekurangan gizi mikro seperti vitamin-vitamin, air dan mineral-mineral tertentu. Untuk menghindari kekurangan gizi mikro ini, makanlah multivitamin tiap hari. Vitamin dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat optimal dari gizi mikro, dan makanlah diantara jam makan kalian untuk mempercepat pencernaannya.

Gizi setelah olahraga

Setelah berolahraga, tingkat gizi makro tubuh kalian berkurang dan syaraf otot kalian membutuhkan penyegaran. Ini sebabkan makanan setelah olahraga merupakan makanan penting tiap hari untuk mereka yang ingin menambah berat tubuh. Selalu cobalah untuk makan dalam satu jam setelah olahraga untuk hasil optimal. Tubuh kalian memiliki kapasitas untuk menyerap protein lebih banyak di saat itu daripada waktu lain. Secara umum, kalian harus mencoba mengkonsumsi 45-50 gram protein dan lebihkan 1,5 kali jumlah karbohidrat kalian setelah tiap kali kalian berolahraga.

Tidurlah saat perut kalian penuh

Makanan terpenting kedua dalam satu hari adalah kalian makan sebelum tidur. Rata-rata pria membakar 67 kalori perjam saat tidur. Jadi jika kalian biasa tidur 8 jam, cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya 536 kalori sebelum pergi tidur. Ada kepercayaan umum bahwa apapun yang kalian makan sebelum tidur akan berubah menjadi lemak, tapi ini tidak sepenuhnya benar. Pastinya, jika kalian makan big mac sebelum tidur, memang akan disimpan sebagai lemak. Lebih baik minum campuran protein berkualitas, karena rendah lemak dan isinya hanya karbohidrat.

Cintailah daging

Daging Merah Untuk Menambah Berat Badan
Daging Merah Untuk Menambah Berat Badan

Sederhana kok, jika kalian ingin gemuk, kalian butuh makan daging. Daging itu kaya protein, sumber kreatin natural yang baik dan memiliki banyak kalori.

Minum yang banyak

Air putih, jus, dan susu. Minum adalah kunci untuk menambah massa tubuh, karena 60% tubuh kita terdiri dari air. Kalian kehilangan air lewat keringat atau air urin dan ini akan meningkatkan penurunan berat tubuh secara drastis dengan rasa haus. Jadi pastikan kalian banyak meminum air. Minum air putih akan membantu kalian memperbaiki sistem pencernaan, sementara susu dipenuhi oleh protein berkualitas dan jus akan memberikan gula-gula penting yang dibutuhkan oleh tubuh kalian.

Tingkatkan konsumsi kalori kalian secara bertahap

Secara perlahan tubuh kalian akan terbiasa oleh peningkatan konsumsi kalori. Cobalah untuk meningkatkan pemasukan kalori perharinya dengan 125 sampai 250 kalori sampai kalian mencapai berat tubuh yang kalian idamkan.

Makan yang banyak

Begini cara kerjanya : jika kalian sudah berolahraga namun tidak juga bertambah gemuk, mungkin disebabkan karena kalian kurang cukup makan. Bagaimana kalian mengharapkan bertambah berat tubuh jika kalian tidak mengkonsumsi kalori yang cukup untuk tingkat pembakaran kalori tubuh kalian tiap hari ?

Untuk kebanyakan pria, kalian harus mengkonsumsi setidaknya 10 kalori perpon berat tubuh kalian hanya untuk mempertahankan berat tubuh kalian saat ini. Sedangkan untuk menambah berat tubuh kalian, kalian harus mengkonsumsi setidaknya 500 kalori lebih banyak daripada pemasukan kalori kalian biasanya. Semakin banyak kalian makan, maka semakin besar pula kemungkinan pertambahan bobot tubuh kalian. Kalian harus memilih dengan selektif makanan yang hendak kalian konsumsi sehingga dapat menambah kualitas bobot tubuh tanpa mengkonsumsi terlalu banyak lemak.

Makan lebih sering

Makan lebih sering berhubungan dengan makan lebih banyak karena, secara logis saja, semakin banyak makanan yang kalian makan, semakin banyak kalori yang kalian dapat. Makan lebih sering juga akan membantu pencernaan kalian. Sudah jelas lebih mudah untuk mengunyah makanan ringan berisi 500 kalori masing-masing daripada empat makan besar yang terdiri dari 100 kalori masing-masing.

Selain itu, jika memakan sesuatu dalam porsi besar, beberapa makanan tidaklah diproses dengan benar karena kurangnya hormon-hormon dalam metabolisme kalian. Kelebihan makan ini berpotensial menjadi lemak di tengah perjalanannya. Maka camkan lah, dengan makan lebih banyak, kalian secara otomatis akan memperoleh beberapa bobot tubuh dari lemak.

Jangan lupa jika kalian makan lebih jarang, kalian menyebabkan jangka waktu lebih lama dari tiap kali makan, menyebabkan insulin serta konsentrasi nutrisi kalian jatuh, berefek menganggu metabolisme tubuh kalian.

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.