Awas Omicron! Beberapa Gejala Omicron Yang Perlu Diwaspadai

Celupin.com – Sudah hampir 2 tahun kita bergelut dengan pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Bahkan setelah varian Delta, baru-baru ini ditemukan mutasi virus COVID-19 Omicron. Berikut ini beberapa gejala Omicron yang perlu diwaspadai.

Sebenarnya apa bedanya ya antara Delta dan Omicron ini? Varian baru COVID-19  B.1.1.529 atau yang lebih dikenal dengan varian omicron pertama kali di deteksi di Afrika Selatan dan Botswana.

Menurut epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman “Varian Omicron ini berpotensi menjadi masalah besar bagi dunia”.

Bila dibandingkan dengan varian Delta, varian Omicron ini memiliki gejala yang cenderung lebih ringan seperti batuk, terasa lelah, hidung tersumbat, pilek, sakit dan nyeri badan, sakit kepala dan tenggorokan gatal.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kecepatan penularan, yang mana Omicron 5 kali lebih cepat dibanding varian pertama yang ditemukan di Wuhan.

Vaksin COVID-19 yang saat ini sudah ada ternyata hanya bisa meredakan gejala klinis saja sehingga tidak membuat pasien memburuk atau meninggal.

Kita semua wajib waspada karena kasus pertama varian Omicron di Indonesia sudah ditemukan pada pertengahan Desember 2021 lalu. Untuk mencegah penularan COVID-19 Omicron ini pastikan untuk tetap menerapkan 5M yaa.

Bila kalian mengalami gejala Omicron seperti yang disebutkan diatas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

dr. Amaze Grace Sira

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.