Cara Mengatasi Email Spam dan Menghentikannya

Celupin.com – Siapa sih yang gak jengkel dengan email spam, pasti dari kita semua pernah dapet email spam yang gak jelas dan sangat tidak relevan dengan kita. Cara mengatasi email spam ini cukup mudah untuk diaplikasikan.

Biasanya, sebagian besar email spam dinilai cukup berbahaya dan berisi hal-hal yang tidak penting, seperti pengirim yang mencoba membuat kalian membeli sesuatu. Apa bahanya email spam ini? Coba deh bayangkan bagi mereka yang gaptek, mendapat email spam lalu mengkliknya lalu memasukan data diri yang bersifat rahasia seperti KTP atau bahkan kartu kredit.

Dan gak sedikit juga, para spammer menggunakan metode yang cukup lihai dalam upaya mencuri kata sandi dan informasi pribadi lainnya lalu memasang keylogger dan malware di komputer kalian.

Fakta unik tentang email spam ini adalah adanya satu studi yang menerangkan setidaknya ada lebih dari 55 miliar email spam yang dikirim setiap harinya. Dan mungkin kalian salah satu orang mendapat email spam tersebut.

Cara Mengatasi Email Spam Dan Menghentikannya

Sebenernya, untuk mengatasi email spam ini tidak ada, sebab mereka para spammer melalukan berbagai cara untuk mengirim email spam ke berbagai email. Namun, untuk meminimalisir, berikut ini cara mengatasi email spam dan kalian ikuti langkah-langkah menghentikan email spam berikut ini yaa.

1. Cara umum adalah melindungi diri Anda dari tautan yang disematkan di email spam tersebut:

Hal pertama yang kalian perlu lakukan adalah jangan klik link apapun di email spam. Spammer menggunakan url link tertentu sebagai pembujuk untuk menghasilkan lebih banyak spam dan biasanya link tersebut berisi malware atau bahkan spyware.

2. Cara menghentikan email spam berikut adalah dengan unsubscribe email resmi dari berbagai situs. Contohnya, bagi kalian pengguna situs e-commerce pasti pernah deh dapat email berisi tawaran produk. Nah, cobalah untuk unsubcribe email tersebut, karena bisa saja kalian tidak teliti dan yang kalian klik malah email spam.

3. Dapat email layaknya email normal akan tetapi mereka meminta uang atau sesuatu yang cukup pribadi. Jika kalian mendapat email seperti itu, maka jangan membalas email atau menanggapi email spam tersebut.

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.