Cara Mengatasi MTP Device Error: Service Installation Section in This INF is Invalid

Celupin.com – Muncul tulisan Service Installation Section In This INF Is Invalid? Itu adalah MTP Device Error. Pada beberapa masalah, terkadang ketika kalian mencoba menghubungkan perangkat Android ke PC Windows dengan memakai kabel USB, PC kita gak bisa mendeteksi perangkat Android yang terhubung. Dan dibagian explorer PC gak terlihat perangkat yang terhubung itu sendiri, atau penyimpanan internal atau kartu sd.

Kalian bisa mengecek dengan membuka Device Manager (klik kanan tombol start & pilih item device manager, atau klik win + r & masukan perintah devmgmt.msc lalu enter). Klik pada bagian Other Device & dan biasanya akan muncul ikon warning seperti segitiga kuning & tanda seru, jika ada maka penyebabnya adalah driver yang tidak terinstall dengan baik alias MTP Device Error.

Coba kalian klik kanan pada bagian yang muncul segitiga kuning dan klik update. Biasanya akan muncul tulisan “A service installation section in this INF is invalid”

Dalam kebanyakan kasus, seharusnya windows harus secara otomatis mendeteksi dan menginstal driver yang sesuai buat perangkat Android yang terhubung, namun pada beberapa kasus lainnya hal ini gak dilakukan secara otomatis oleh Windows.

Terkadang hal ini terjadi karena adanya antivirus yang bisa memblokir instalasi driver perangkat. Namun kebanyakan adalah karena kesalahan terjadi saat menginstal driver MTP yang salah pada windows atau bisa saja mungkin terdapat beberapa driver yg kompatibel pada sistem), driver yang gak cocok dipilih secara otomatis. Yah, namanya juga sistem pasti ada saja errornya.

Kabar baiknya adalah masalah “A service installation section in this INF is invalid” ini sangat mudah untuk diperbaiki. Solusi masalah ini adalah Driver MTP untuk perangkat android perlu diinstal secara manual, berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi penyimpanan internal yang gak muncul :

  1. Silahkan kalian buka Device Manager lalu klik kanan pada perangkat tidak dikenal atau perangkat MTP & pilih update driver
  2. Pilih Browse my computer for driver software
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
  3. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, berikutnya pilih Let me pick from a list of device drivers on my computer
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
  4. Lalu pilih MTD-Device atau Portabel Device (bisa skip bisa langkah selanjutnya sudah ada).
  5. Pilih MTP USB Device dan lalu klik next
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
  6. Bila instalasi driver MTP berhasil, kalian akan mendapat pesan seperti gambar dibawah ini
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
    Service Installation Section In This INF Is Invalid
  7. Selesai.

Sebenarnya, driver MTP sudah terinstall secara otomatis dan jangan lupa kalau mode MTP juga wajib diaktifkan pada Android kalian serta pastikan pada bilah pemberitahuan kalian pilih mode transfer file karena kalau kalian menggunakan mode “hanya isi daya” maka Android kalian tidak akan muncul pada PC.

Tapi nih, beberapa Android juga mungkin memerlukan driver MTP eksklusif yang tentunya gak terinstall otomatis oleh Windows. Bila kasus kalian seperti ini maka solusinya adalah cukup untuk download driver MTP dari situs resmi merk Android kalian & menginstal dengan cara yang hampir sama seperti yang dijelaskan pada atas, tetapi pada langkah ketiga kalian pilih folder yang berisi driver MTP sudah didownload.

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.