Jangan Kedokter, Berikut 5 Cara Menurunkan Demam Tanpa Obat Dengan Cepat

Celupin.com – Menurut kalian demam itu penyakit atau bukan? Kalian perlu tau nih kalau sebenarnya demam itu bukanlah penyakit yang artinya kalau bukan penyakit berarti bica dong menurunkan demam tanpa obat? Demam hanyalah merupakan reaksi sistem imun tubuh terhadap adanya infeksi, penyakit, bakteri, atau kondisi lain. Kalian nggak perlu khawatir dan nggak perlu langsung pergi ke dokter ya gengs, dengan beristirahat yang cukup saja akan menurunkan demam kok.

Walaupun demikian, terkadang kalau kita demam ngebuat tubuh kita jadi lemas dan tak enak untuk melakukan berbagai hal jadinya menggangu aktivitas sehari-hari deh. Oleh sebab itu, kalian perlu tau juga nih cara-cara menurunkan demam tanpa obat dan tanpa kedokter.

Berikut beberapa cara menurunkan demam tanpa obat yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.

1 Gunakan Kompres Hangat

Menggunakan kompres hangat nantinya akan memperlebar pembuluh darah yang akan membuat produksi keringat semakin meningkat. Nah, keringat ini lah yang nantinya bisa membantu kalian untuk mengeluarkan panas dari dalam tubuh secara alami. Ohh ya, agar lebih efektif kompres dibagian ketiak ya gengs.

2 Mandi Air Hangat 5 Sampai 10 Menit

Mandi air hangat bisa membuat tubuh kalian sejuk, meringankan nyeri otot yang ada, dan meredakan hidung tersumbat karena pilek lho, gengs! Dan pastikan ya kalau air hangatnya nggak terlalu panas supaya suhu badan nggak langsung naik secara tiba-tiba.

3 Perbanyak Istirahat dan Minum Air Putih

Dehidrasi dalam tubuh bisa saja meningkatkan suhu tubuh yang membuat kalian jadi merasa pusing dan nyeri kepala. Oleh sebab itu, kalian disarankan untuk minum minimal 250 ml air putih setiap dua jam sekali gengs.

4 Pakai Kaus Kaki Basah

Kaus kaki basah memang sangat menganggu, tapi ternyata bisa memperlancar peredaran cairan getah bening dan aliran darah sampai ke ujung kaki. Nantinya, kaus kaki basah ini bisa merangsang aktivitas sistem imun pada tubuh kalian yang mengalami penurunan akibat demam, rekomended banget deh gengs.

Basahi kaus kaki berbahan katun dengan air lalu peras, dan tempelkan di telapak tangan seperti kompres dahi. Setelah itu, pakai kaus kaki tebal yang kecil untuk melapisi kaus kaki basah ini.

5 Makan Buah Vitamin C

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah-buahan akan meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh untuk melawan infeksi akibat bakteri atau virus. Tapi nih gengs, kalian hanya disarankan untuk makan buah utuh.

Setelah melakukan cara-cara menurunkan demam tanpa obat diatas, silahkan kalian banyak-banyaklah beristirahat agar demam bisa cepat turun. Namun, bila dalam tiga hari demam nggak kunjung turun atau semakin menjadi, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter terdekat ya gengs.

Baca Juga
Show Comments (1)