Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Bayi

Celupin.com – Setelah bayi memasuki usia 6 bulan, biasanya para orangtua lagi semangat-semangatnya nih untuk ngenalin berbagai macam makanan untuk si kecil, dengan tujuan agar mereka tau kalau bayinya suka makanan apa. Sebenarnya nggak salah sih tapi nih sebagai orangtua, kalian dianjurkan lebih berhati-hati saat memberikan apapun untuk si kecil termasuk makanan, karena ada beberapa jenis minuman dan makanan yang belum boleh dikonsumsi oleh bayi. Kira-kira apa saja ya makanan dan minuman yang harus dihindari untuk bayi? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Dilansir dari beritacerbon.com, pada saat bayi memasuki usia 6 bulan, kalian sebagai orangtua memang sudah dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping ASI buat si kecil. Tapi ini jangan diartikan kalau kalian sebagai orangtua bisa ngasih makanan apa saja, apalagi banyak sekali informasi turun-menurun dari mana-mana yang bilang si kecil harus makan inilah, minum itulah padahal belum tentu jenis makanan dan minuman tersebut sesuai untuk bayi. Beberapa waktu lalu juga kami telah memberikan tips mengenai 5 Cara Ampuh Turunkan Demam Tanpa Obat Dengan Cepat Tanpa Kedokter.

Walau bagaimanapun perlu di ingat ya! Kalau sistem pencernaan bayi tuh masih belum sempurna dan masih dalam masa perkembangan. Jadi kalau diberi makanan atau minuman yang tidak tepat, kesehatan dan tumbuh kembang si kecil justru bisa terganggu.

Nah, berikut inilah beberapa makanan dan minuman yang nggak boleh dikonsumsi oleh bayi.

1 Mengandung banyak garam

Yang pertama ialah tidak boleh memberikan makanan yang mengandung banyak garam, soalnya nih kalau si kecil mengkonsumsi garam secara berlebihan dikhawatirkan malah bisa menganggu ginjalnya yang masih berkembang. Sebenarnya ya boleh saja kalau kalau ngasih makanan yang mengandung garam apalagi kalau si kecil terlihat lebih nafsu makan kalau dengan garam, tapi cukup sedikit saja yaa dan nggak perlu banyak-banyak nanti keasinan.

2 Makanan dan minuman tinggi gula

Selanjutnya ialah tidak boleh memberikan makanan dan minuman yang mengandung banyak gula atau tinggi gula. Sama saja seperti point pertama, kebanyakan gula juga nggak bagus buat si kecil.

Hal ini di karenakan dapat merusak giginya yang baru tumbuh, kalau kalian mau tambahin gula untuk makanan atau minuman si kecil boleh saja tapi jangan terlalu banyak yaa, selain dapat merusak giginya juga bisa saja makanan dan minumannya kemanisan.

Tapi kalau si kecil suka banget dengan makanan atau minuman yang manis, kalian bisa gantikan dengan buah-buahan yang manisnya alami kedalam menu makanan si kecil.

3 Makanan tinggi lemak jenuh

Yang terakhir ialah tidak boleh memberikan makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh, si kecil memang butuh lemak untuk berkembang tapi bukan yang berasal dari goreng-gorengan, mie instan, atau juga kripik. Selain tinggi lemak jenus, makanan-makanan tersebut juga nggak mengandung banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang si kecil

Memangnya ada ya orangtua yang memberikan makanan seperti itu? Ya bisa saja ada ya, namanya juga orangtua yang pasti senang kalau bisa ngasih makanan yang disukai bayinya.

Tapi nih, alangkah lebih baiknya berhati-hati saat memberikan si kecil makanan, malah bisa-bisa si kecil kebanyakan asupan lemak jenuh.

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.