Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik, Oksigen Bertekanan Tinggi

Celupin.com – Belum lama ini, terapi hiperbarik kembali menjadi sorotan publik, hal ini berkaitan dengan berita kecelakaan yang terjadi di unit instalasi terapi hiperbarik yang terjadi di RS TNI AL Mintohardjo pada hari Senin, tanggal14 Maret 2016 yang lalu. Padahal sudah sejak lama terapi oksigen hiperbarik digunakan dalam dunia kesehatan.

Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi dengan cara memberikan 100% oksigen kepada pasien yang dilakukan dalam hyperbaric chamber atau ruangan hiperbarik. Hyperbaric chamber merupakan ruangan yang memiliki tekanan lebih dari udara atmosfer normal (1 atm atau 760 mmHg). Ada dua jenis ruangan untuk terapi ini. Yang pertama adalah ruangan single yang hanya dapat digunakan oleh satu pasien saja. Sedankan yang kedua adalah ruangan multipel yang dapat digunakan secara bersamaan dengan pasien lainnya.

Dalam kondisi normal, oksigen akan dibawa oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Nah, tekanan tinggi dalam hyperbaric chamber akan menyebabkan jumlah oksigen yang dibawa sel darah merah mengalami peningkatan hingga 400%. Singkatnya, terapi ini cara pengobatan di mana peserta terapi akan bernapas dengan menghirup oksigen murni di ruang udara bertekanan tinggi.

Metode terapi yang ditemukan oleh Behnke pada tahun 1930 ini awalnya digunakan untuk mengatasi dekompresi. Dekopresi merupakan suatu penyakit yang dialami oleh penyelam atau pekerja tambang yang bekerja di bawah tanah. Dekompresi disebabkan akibat penurunan tekanan saat naik ke permukaan secara mendadak.

Terapi oksigen hiperbarik juga bermanfaat untuk pengobatan keracunan gas seperti CO, HCN ataupun H2S, mempercepat pelepasan gas beracun dan meningkatkan kadar oksigen tubuh. Selain itu, terapi ini juga bermanfaat untuk proses penyembuhan luka yang sulit sembuh seperti luka pada penderita diabetes, luka terinfeksi, infeksi tulang, luka bakar, luka pascaoperasi dan juga transplantasi.

Menariknya lagi, ternyata terapi ini juga ditengarai dapat meningkatkan kebugaran dan kecantikan. Hal tersebut karena manfaat terapi oksigen hiperbarik itu sendiri. Selain dapat mempercepat proses penyembuhan luka, terapi ini juga dapat meningkatkan kadar oksigen ke seluruh tubuh serta meningkatkan pembentukan jaringan kolagen. Karena itulah terapi ini juga dapat berfungsi dalam dunia kecantikan. Kini terapi oksigen hiperbarik dapat ditemui di berbagai rumah sakit dalam negeri seperti RS.Omni Jakarta, RS Pertamina Cilacap dan juga RSAL Halong Ambarawa.

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.