Shared Hosting vs WordPress Hosting: Apa Bedanya?

Celupin.com – Bingung dalam memilih antara Shared Hosting atau WordPress Hosting? Industri web hosting sudah tidak asing lagi dengan berbagai variasi hosting dan kalau kalian perhatikan web hosting, kalian mungkin merasa kebingunan dan tidak yakin jenis hosting apa yang harus digunakan untuk situs web  kalian. Mari kita asumsikan kalian telah melakukan riset dan kalian terbiasa dengan apa itu web hosting dan kalian telah memutuskan untuk menggunakan WordPress untuk situs web kalian, yang merupakan pilihan tepat.

Untuk kalian yang baru mengenal web hosting, WordPress adalah sistem manajemen konten yang memungkinkan kalian membuat dan mempublikasikan konten untuk situs web kalian. WordPress terkenal memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan dengan berbagai Blok, kalian dapat menarik dan melepas halaman untuk membuat situs web kalian sendiri dengan mudah. Tidak heran WordPress adalah CMS nomor satu didunia.

Meskipun benar kalian dapat menjalankan WordPress di shared hosting dan menggunakannya sehari-hari, ada juga bentuk khusus dari WordPress Hosting yang ditawarkan oleh banyak provider hosting, kalau kalian mencoba menentukan apa perbedaan WordPress Hosting dan Shared Hosting, kalian berada di tempat yang tepat, karena kami akan membahas mengenai perbedaan antara Shared Hosting dan WordPress Hosting.

Ada beberapa perbedaan penting antara kedua jenis hosting ini yang harus kalian ketahui sehingga kalian dapat mengetahui mana yang tepat untuk situs web kalian.

Shared Hosting vs WordPress Hosting: Mana yang tepat untuk situs web saya?

Ketika kalian mencoba untuk memilih antara Shared Hosting atau WordPress Hosting, dalam menentukan hosting yang tepat kalian bisa coba dengan membandingkan  beberapa poin utama.

Dengan Shared Hosting, kalian biasanya menerima kontrol panel seperti cPanel yang dapat kalian gunakan untuk mengkonfigurasi, seperti membuat alamat email, mengelola database, membuat subdomain, dan menginstal aplikasi lain sesuai keinginan. Akun Web Hosting kalian dapat mendukung lebih banyak aplikasi selain WordPress.

Ini berarti kalian dapat menginstal aplikasi lain di akun hosting web kalian, aplikasi atau CMS lain seperti Joomla atau NextCloud untuk menyimpan file kalian.

Bergantung pada penyedia hosting pilihan kalian, Hosting WordPress mereka mungkin hanya mengizinkan kalian menginstal WordPress dan kalian mungkin tidak memiliki opsi untuk mengelola hal-hal lain, seperti alamat email menggunakan kontrol panel. Hal ini benar-benar membatasi apa yang dapat kalian lakukan dengan hosting web kalian dan benar-benar membuat kalian hanya dapat memiliki WordPress.

Jika host pilihan kalian membatasi kalian untuk hanya dapat menjalankan WordPress, mereka juga dapat membatasi plugin mana yang dapat kalian instal. Ini bisa sangat menjengkelkan, terutama saat situs kalian tumbuh dan kalian membutuhkan plugin khusus untuk melakukan sesuatu seperti SEO tingkat lanjut, dan mereka tidak akan mengizinkan kalian menginstalnya karena tidak disetujui.

Sebelum memilih WordPress Hosting, pastikan kalian dapat menjalankan plugin yang kalian butuhkan di hosting wordpress tersebut.

Apa Keuntungan Menggunakan Hosting WordPress?

WordPress Hosting pasti memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Shared Hosting biasa. Sebagai permulaan, sebagian besar perusahaan hosting yang menawarkan WordPress Hosting menawarkan layanan pada server yang sangat optimal dan berkinerja tinggi sesuai minimum spesifikasi yang dibutuhkan oleh WordPress.

Hal ini memberi situs WordPress kalian keuntungan besar dibandingkan dengan Shared Hosting yang mana sudah disetel untuk kinerja terbaik dari berbagai aplikasi selain WordPress.

Apa Keuntungan Menggunakan Shared Hosting ?

Tentu keuntungan menggunakan shared hosting adalah ketika kalian ingin menginstall aplikasi selain WordPres, maka shared hosting bisa melakukannya. Berbeda dengan WordPress Hosting yang hanya diperuntukan untuk penginstallan WordPress saja.

Kesimpulan: Shared Hosting Vs WordPress Hosting

Setelah kita memahami rangkuman diatas, tentu kalian sudah bisa menentukan mana yang paling tepat untuk kalian gunakan. Bila kalian hanya membutuhkan WordPress maka WordPress Hosting adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi bila kalian sekiranya kedepan ingin menginstall CMS selain WordPress maka Shared Hosting adalah pilihannya.

Baik WordPress Hosting maupun Shared Hosting, keduanya berjalan pada jenis hosting yang sama. Dan rata-rata provider hosting menggunakan LiteSpeed sebagai web server mereka karena kecepatan yang tinggi.

WordPress Hosting kebanyakan berjalan pada Shared Hosting maka WordPress Hosting kemungkinan besar adalah Shared Hosting yang dikhususkan untuk WordPress.

Sedangkan Shared Hosting, diperuntukan bagi kalian yang menginginkan lebih dari sekedar WordPress dan konfigurasi yang digunakan juga tidak dikhususkan untuk WordPress saja melainkan dikonfigurasi secara universal agar dapat menjalankan aplikasi selain WordPress.

Apa pilihan mu sekarang?

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.