Tanda-Tanda Menopause Yang Perlu Diketahui

Celupin.com – Menopause merupakan istilah untuk menyebut berhentinya siklus menstruasi yang terjadi secara alami pada wanita dan munculnya tanda-tanda menopause. Biasanya menopause terjadi pada wanita berusia 45 hingga 55 tahun. Jika ibu atau calon mertua kalian berusia mendekati range umur di atas, ada baiknya kalian simak serba-serbi menopause berikut ini!

Proses menopause terjadi ketika ovarium berhenti memproduksi hormon esterogen dan progresteron. Seorang wanita dianggap menopause ketika ia tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan yang terhenti secara alami. Beberapa tahun sebelum mengalami menopause dikenal dengan sebutan perimenopause. Selama jangka waktu perimenopause inilah akan muncul beberapa tanda tertentu yang mengarah pada menopause.

Perimenopause dapat mulai terjadi pada usia 30 atau 40an. Fase ini dapat terjadi dalam hitungan bulan hingga beberapa tahun. Menariknya tidak ada tes konklusif yang akan memberitahu seseorang akan memasuki masa menopause, namun kalian dapat mengetahuinya melalui tanda-tanda yang terjadi pada tubuh. Hot flashes dan berkeringat di malam hari merupakan gejala yang sangat umum yang terjadi pada fase perimenopause.

Gambaran Menopause
Gambaran Menopause

Salah satu gejala lainnya adalah terjadinya fluktuasi kadar hormon. Perimenopause juga ditandai dengan jawdal menstruasi yang tidak teratur. Terkadang lebih sering, kadang fase menstruasi “hilang”, kadang terjadi lebih lama atau bahkan lebih pendek dari periode menstruasi reguler kalian. Banyak pula yang mengalami kesulitan tidur saat fase perimenopause ini tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti terjadinya keringat berlebih pada malam hari ataupun stres yang melanda tubuh.

Selain itu ada pula beberapa gejala lain yang datang saat periode perimenopause ini tiba.  Ada yang mengalami sakit kepala, ada yang lebih mudah marah ataupun lelah, ada pula yang merasa mengalami perubahan suasana hati tidak seperti biasanya. Penurunan kadar hormon esterogen pada periode perimenopause juga dapat mengakibatnya kondisi yang kering pada vagina. Jika kalian mengalami hal ini maka konsultasikan kondisi kalian dengan pihak medis yang dipercaya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.