Tips Memelihara Kesehatan Sebelum Berangkat Umrah

Celupin.com – Anda tentu sudah memahami bahwa ketika melaksanakan ibadah umroh, ada serangkaian sembahyang yang harus Anda laksanakan. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan dan memelihara kesehatan fisik dan mental yang memadai agar ibadah Umroh Anda lancar tanpa halangan sesuatu apa pun.

Sebelum berangkat, cek dulu kesehatan Anda, sebab ketika kita memasuki usia tua, penyakit kencing manis, darah tinggi, dan penyakit jantung koroner menjadi penyakit yang resiko peningkatannya perlu diwaspadai. Penyakit asma dijumpai pada anak, dewasa maupun usia lanjut. Nah, penyakit-penyakit tersebut perlu Anda waspadai keberadaannya, adakah salah satunya sedang Anda derita saat ini?

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum berangkat haji ialah berkonsultasi dengan dokter keluarga mengenai rencana Anda untuk melaksanakan umrah. Dokter Anda dapat membantu mempersiapkan agar kesehatan Anda sebelum menjalankan ibadah umrah dalam keadaan yang sebaik-baiknya. Dokter Anda juga dapat memberi nasihat pada Anda berdua bagaimana menjaga kesehatan selama menjalankan umrah.

Pengendalian penyakit kronik hendaknya memang dilakukan sedini mungkin agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari apalagi saat umrah. Laksanakan pengendalian dengan cara memeriksakan diri secara teratur pada dokter. Meski Anda tidak akan pergi umrah keadaan tersebut harus tetap dilaksanakan. Sebelum berangkat umrah sebaiknya penyakit kronis Anda sudah dapat dikendalikan. Anda juga perlu membawa obat-obatan yang diperlukan. Hindari kelelahan yang berlebihan karena kurang tidur. Anda perlu mengenal semua obat-obat Anda, serta manfaat dan efek sampingnya sebelum berangkat umrah. Bawalah obat secukupnya agar Anda tak kehabisan obat dalam melaksanakan umrah.

Sebelum menginjakkan kaki di kota Makkah, Anda juga perlu melaksanakan imunisasi. Imunisasi yang diwajibkan pemerintah Saudi Arabia adalah imunisasi meningitis untuk mencegah penyakit meningitis yang disebabkan kuman Neisseria meningitis. Imunisasi ini diwajibkan sehingga mereka yang tidak menjalani imunisasi meningitis ini tidak akan mendapat visa masuk.

Namun yang penting bagi kita tentulah perlindungan terhadap penyakit meningitis yang berbahaya tersebut. Maka, Anda memerlukan vaksin. Vaksin yang diwajibkan selain meningitis ada vaksin influenza dan pneumokokus. Pemberian imunisasi influenza dan pneumokokus terbukti mengurangi kejadian kedua penyakit tersebut. Jadi, menjelang umrah periharalah kesehatan dengan cara mengamalkan kebiasaan hidup yang baik, berolahraga serta mengendalikan berbagai penyakit kronis yang sedang Anda derita. Selama di tanah suci, beribadahlah dengan baik namun jangan berlebihan sehingga Anda tidak kecapaian dan tujuan Anda dalam beribadah tercapai.

Selamat menjaga kesehatan!

Baca Juga
Leave A Reply

Your email address will not be published.